Minggu, 15 Januari 2012

[LENGKAP] Sejarah Asal Muasal Musik KPOP

Hari gini banyak dari kita yang ngaku cinta K-Pop. Tapitahukah kalian asal mula musik ini??
Sejarahnya musik pop Koreaini berawal dari masuknya musik PopJepang di Korea padatahun 1930-an.
J-Pop lah yang mempengaruhi dunia musik pop di Korea. Penjajahan Jepang atasKorea juga membuat genremusik Koreatidak bisa berkembang dan hanya mengikuti perkembangan budaya pop Jepang padasaat itu.
Pada tahun 1950-an dan 1960-an, pengaruh musik pop barat mulai masuk ke Koreadengan banyaknya pertunjukkan musik yang diadakan oleh pangkalan militerAmerika Serikat di Korea Selatan.

GENRE K-POP
Musik Pop Korea awalnya terbagi menjadi genre yang berbeda-beda.
Pertama adalah genre "oldies" yang dipengaruhi musik barat. Genreini populer di era 60-an.
Pada tahun 1970-an, musik rock diperkenalkan dengan pionirnya adalah Cho Yong Pil.

(Cho Yong Pil -- udah tua yaa... ya iyalah, tahun 60an gitu lho.. )
Awal mula munculnya musik pop modern Korea itu diawali denganterbentuknya grup yang bernama Seo Taiji& Boys, tahun 1992.

Seo Taiji & Boys. Pelopor K-Poppertama
Genre musik yang mereka bawakan memberi warna baru di dunia musik Koreadengan beberapa campuran aliran musik seperti Rap, Rock, Techno Amerika.
Setelah Seo Taiji and Boys inisukses besar, akhirnya mulai bermunculan grup-grup lain seperti Panic dan Deux.
Musik pop dekade 90-an cenderung beraliran dance dan hip hop. Pasar utamanyaadalah remaja sehingga dekade ini muncul banyak grup “teen idol” yang sangat digilai seperti CLON, H.O.T, Sechs Kies, S.E.S, dan g.o.d. Kebanyakan dari kelompok musik ini sudah bubar dananggotanya bersolo karir.

Clon --- kepalanya botak

H.O.T (High of Teenagers) -- rambut belah tengah

Sech Kies -- masih belah tengah -_-"
Di tahun 2000-an pendatang-pendatang baru berbakat mulai bermunculan.Aliran musik R&B serta Hip-Hop yang berkiblat ke Amerika mencetakartis-artis semacam MC Mong, 1TYM, Rain,Big Bang yang cukup sukses di Korea dan luar negeri.

Rain -- Pacar aku
Musik balad masih tetap memiliki pendengar yang paling banyak di Korea.Musik balad Koreaumumnya dikenal dengan lirik sedih tentang percintaan, seperti yang dibawakanoleh Baek Ji Young, KCM, SG Wannabe,dan sebagainya.

SG Wannabe or Rian Dmassive wannabe?
Musik balad umumnya digemari karena sering dijadikan soundtrack drama-dramatelevisi terkenal seperti Winter Sonata,Sorry I Love You, Stairway to Heaven dsb. Apalagi kalau drama itupopularitasnya tinggi, dijamin OST yang ada di drama itu juga turut tenar dantentunya banyak dinyanyiin dimana2.
Berbagai artis Koreamencoba memperluas kesuksesan mereka di dunia internasional seperti BoA yang menembus Jepang dan digemaridi banyak negara. BoA bahkan pernahmenjadi artis Koreapertama yang menyanyikan OST anime terkenal di Jepang.
Sampai banyak yang mengira klo BoAitu orang Jepang. Padalah dia orang Korea!! Kalau kalian inget lagunyayang berjudul 'Every Heart'

BoA -- Cantik bgt
Kesuksesan K-Pop di level Internasional memang benar2 diluar dugaan. Demam Korea (Korean Wave) seperti sudah menjadi virus yang penyebarannya sungguh menakjubkan.
Bahkan banyak yang menjadikan K-pop ini sebagai pedoman untuk musik2 di Negaranya.
Ditambah lagi, di Korea banyak perusahaan Entertainment yang mencari bakat-bakat terpendam orang Korea yang bisa dijadiin Bintang besar. Gak cuma dari segi tampang, tapi juga berbakat ngedance dan olah vokal.

Jadi artis di Korea itu bukan hal yang mudah. Mereka harus mengikuti training selama berapa tahun baru bisa debut. Jadi gak heran kalau sekalinya tuh artis dilepas kepasaran, tenarnya bisa langsung kemana-mana.

Yap. Itulah sejarah asal mula K-Pop. Semoga memberi pencerahan buat semuanya :)

Sumber By @Tyas | Yahoo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.