Minggu, 15 Januari 2012

Keuntungan Mengganti Domain Blogger

Di matematika ada juga istilah domain. Kalau kamu kaitkan istilah domain di matematika dengan postingan ini ya nggak bakal ketemu, hehehe. Maksud domain dalam postingan ini (menurut wikipedia), adalah sebuah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.
Nahlo, lengkap itu pengertiannya, dari wikipedia cuy, hehe.   Intinya domain itulah alamat website/blog. Misal www.PengenBisnis.com. Nah dot com (.com) itu disebut ekstensi domain. Ekstensi domain bermacam-macam, tidak hanya .com saja. Ada dot info (.info), dot biz (.biz), dot co dot id (.co.id), dot web dot id (.web.id), dot ac dot id (.ac.id) dan masih banyak lagi.

Domain bisa digolongkan dalam beberapa jenis :
1. Berdasarkan negara. Seperti : .co.id (dari Indonesia), .co.uk (domain negara inggris)
2. Domain komersial, seperti : .com, .biz, .net
3. Domain pendidikan, seperti : .edu, .ac.id
4. Domain pemerintah, seperti : .gov, .go.id
5. Domain biro perjalanan, seperti : .travel

Nah, sudah lebih jelas kan tentang arti domain pada postingan ini? Untuk mendapatkan  domain-domain seperti di atas, kita harus membayar, ada juga sih yang gratis, yaitu domain .co.cc, saking gratisnya, google ogah mengindex domain .co.cc ini, jadi blog/website yang pakai domain .co.cc ini nggak muncul deh di hasil pencarian google, hohoho.  Emang apa untungnya sih pakai domain gitu, kenapa juga mesti pakai domain segala?

Secara umum memakai domain di suatu blog akan membuat blog kita memiliki kredibilitas yang lebih. Terlebih lagi jika blog yang kamu pakein domain berbayar ini adalah blog toko online. Ada juga sih blog toko online yang masih pakai domain gratisan, sudah berprofit juga blog itu, tapi kalau ada pembeli yang tanya "katanya profit toko onlinenya ratusan juta, masak pakenya masih blog gratisan?" nah, pertanyaan ini yang bikin gemes. Beli domain murah kok, apalagi kalau belinya di syar'ie blogmaker. Domain bayarnya per tahun, dan per tahun itu nggak ada 100rb rupiah, cek sendiri dah di Syar'i blogmaker.

Terus apa keuntungan memakai domain di blogger/blogspot ini ?
1. Yang pertama sangat jelas, yaitu terlihat profesional. Nantinya blog kamu yang ada embel-embelnya blogspot itu akan hilang, dan jadi .com doang tanpa ada blogspot. Orang ngliatnya, wah ini blog beneran diurus nih, alamatnya aja berbayar. Pasti orangnya serius update blog, kalau toko online ya orangnya serius berdagang, sehingga meningkatkan kepercayaan terhadap blognya.

2. Gratis hosting. Bila kamu pake domain sendiri di blogger, kamu tak perlu nyewa hosting (tempat menyimpan file) tersendiri, karena hostingya masih ikut dengan blogger. Jadi kalau kamu mau update blog, loginnya tetap ke blogger.com. Lebih hemat tentunya, dibandingkan platform selain blogger yang mesti pake hosting sendiri.

3. Nama website jadi ringkas, praktis dan kelihatan keren. Coba kalau namanya panjang, pake blogspot lagi, kalau mau dibuat stiker misalnya, kan hurufnya banyak, rada repot. Repot bikinnya, biayanya, hafalinnya juga repot. Orang-orang yang liat pasti juga malas kalau mau hafalin, boro-boro menghafal, baca aja ogah, apalagi namanya mengandung unsur alay, haiyah cape dehhhh.

Nah, itulah beberapa keuntungan yang aku tahu tentang mengganti domain blogger. Kalau kamu tahu keuntungan lain, boleh di share kok di kotak komentar.  Moga bermanfaat yach.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.