Rabu, 01 Februari 2012

Plasma Nutfah


Untuk memenuhi permohonan salah satu pembaca blog pelajaranbiologi-sma1.blogspot.com, maka pada postingan kali ini akan saya sajikan beberapa hal tentang plasma nutfah.
Apa sih arti  plasma nutfah itu ?
Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, plasma nutfah diartikan sebagai substansi yg mengatur perilaku kehidupan makhluk hidup secara turun-temurun sehingga populasi mempunyai sifat yg membedakannya dari populasi lain, umumnya terdapat dl sekumpulan individu yg menyebar secara acak dl populasi tersebut
Sementara itu dalam www.id.wikipedia/wiki disebutkan Plasma nutfah adalah substansi pembawa sifat keturunan yang dapat berupa organutuh atau bagian dari tumbuhan atau hewan serta mikroorganisme. Plasma nutfah merupakan kekayaan alam yang sangat berharga bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mendukung pembangunan nasional.
Sedangkan menurut Pengertian atau Definsi yang terdapat pada Kamus Pertanian adalah substansi sebagai sumber sifat keturunan yang terdapat di dalam setiap kelompok organisme yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan atau dirakit agar tercipta suatu jenis unggul atau kultivar baru.
Dari ketiga pengertian tersebut dapat dikatakan bahwa plasma nutfah mencakup seluruh kisaran keanekaragaman genetik  baik dari mahkluk hidup yang hidup secara liar di semua lingkungan hingga mahkluk hidup yang dipelihara oleh manusia  dan bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk mencukupi segala kebutuhan hidup manusia.
Hal ini juga berarti bahwa semua mahkluk hidup yang ada di alam ini, baik yang hidup liar di semua habitat maupun yang sudah dipelihara / dibudidayakan oleh manusia . Baik yang berupa virus, archaeobacteria, eubacteria, fungi, plantae dan animalia. Kesemuanya itu merupakan sumber plasma nutfah yang kini dan juga nanti sangat dibutuhkan oleh manusia dan kehidupan secara keseluruhan.

Bagaimana menjaga Plasma Nutfah ?
Berkurangnya ataupun hilangnya sumber plasma nutfah oleh berbagai sebab , baik oleh sebab alami  seperti letusan gunung berapi, gempa bumi maupun sebab non alami / akibat ulah beberapa gelintir manusia seperti pembalakan liar, perburuan liar, eksploitasi sumber daya mineral secara berlebihan berpotensi besar dalam menyebabkan berkurangnya bahkan hilangnya sumber plasma nutfah dus, sekaligus berarti hilangnya plasma nutfah.
Oleh karena itu, manusia mempunyai tanggung jawab besar dalam upaya menjaga kelestarian sumber-sumber plasma nutfah agar plasma nutfah tetap lestari.
Perlindungan dan Pengawetan Alam merupakan salah satu upaya sistematis yang dilakukan oleh manusia untuk menjaga , mempertahankan kelestarian sumber plasma nutfah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.