Selasa, 07 Februari 2012

Jenis-jenis Bioteknologi

Bioteknologi berarti setiap aplikasi teknologi yang menggunakan sistem biologi, organisme hidup, atau derivatifnya, untuk membuat atau memodifikasiproduk atau proses untuk penggunaan/ kepentingan khusus / tertentu . Sebagai contoh, bioteknologi diterapkan untuk meningkatkan atau memfasilitasi proses seluler seperti metabolisme energi, transfer gen antara spesies yang tidak terkait, ataurekayasa enzim untuk produksi obat.dalam skala besar . Pada intinya, bioteknologi melibatkan organisme dan atau bagian-bagiannya untuk sebuah proses produksi yang menghasilkan produk atau jasa bagi manusia.

Beberapa jenis bioteknologi yang dikenal manusia saat ini, antara lain :

 Bioteknologi hijau ( Green Bioteknology ),  berkaitan dengan penggunaan solusi ramah lingkungan sebagai alternatif untuk pertanian tradisional, hortikultura, dan proses pengembangbiakan hewan. Contohnya adalah merancangtanaman transgenik yang dimodifikasi untuk meningkatkan rasa, untuk peningkatan resistensi terhadaphama dan penyakit, atau untuk pertumbuhan dalam kondisi cuaca buruk.

 Bioteknologi Merah ( Red Bioteknology), yang mengacu pada penggunaan organisme untuk perbaikan proses medis. Ini mencakup merancang organisme untuk memproduksi produk-produk farmasiseperti antibiotik dan vaksin, rekayasa genetika penyembuhan melalui manipulasi genom, dan penggunaannya dalam forensik melalui profil DNA.

 Bioteknologi Biru ( Blue Bioteknology), yang berkaitan dengan penerapanmetode biologis molekuler untuk organisme laut dan air tawar. Ini melibatkan penggunaan organisme, dan turunannya, untuk tujuan seperti meningkatkan pasokan makanan laut dan keselamatan, mengendalikan proliferasiberbahaya yang terbawa organisme air, dan mengembangkan obat baru. 
 Bioteknologi Putih ( White Bioteknology ), mengacu pada bioteknologi yang diterapkan pada proses industri. Ini melibatkan penggunaan enzim dan organisme untuk pengolahan dan produksi bahan kimia, bahan, dan energi.

Tempe, termasuk dalam kategori bioteknologi yang mana ?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.