Rabu, 24 Agustus 2011

Tips Mudik | Hindari Sakit Perut saat di perjalanan


TAK terasa Hari Raya Idul Fitri sudah dekat. Selain mempersiapkan diri menyambut hari raya, sesuai dengan tradisi di Tanah Air, banyak pula yang tengah bersiap-siap untuk pulang ke kampung untuk merayakan Lebaran bersama sanak saudara.

Berbagai pilihan perjalanan mulai dari motor hingga pesawat terbang tersedia untuk Anda. Untuk Anda yang akan melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi, berada lama di dalam mobil melintasi provinsi bisa membuat tubuh kurang nyaman, bahkan bisa berujung pada sakit perut, mulas dan mual. Untuk mengatasinya, berikut beberapa tips mudah yang patut dicoba guna menghindari sakit perut saat mudik.

1. Jaga pandangan
Rasa mual saat naik mobil bisa terjadi ketika otak dan tubuh Anda tidak sinkron untuk memutuskan bergerak atau tidak. Misalnya, Anda sedang duduk diam di kursi Anda, tetapi pada saat yang sama Anda bergerak maju. Memfokuskan pada titik stabil di kejauhan akan memungkinkan mata Anda untuk melihat bahwa Anda memang akan maju dan menghindarkan Anda dari pusing. Coba pilih objek tertentu di kejauhan seperti menatap pohon besar atau bangunan.

2. Pilih bangku terbaik
Jika Anda rentan untuk merasa sakit di mobil, pilih tempat duduk di mana Anda bisa memiliki pandangan yang jelas akan jalan di depan dan dengan mudah dapat melihat langit. Kursi belakang menghadap akan membuat Anda merasa ekstramual karena bergerak dengan arah berlawanan.

3. Buka jendela
Udara segar mungkin adalah yang Anda butuhkan untuk menenangkan perut. Jika berada di jalan raya, buka sedikit jendela dan biarkan udara segar masuk sehingga menenangkan Anda jika mulai merasa sakit.

4. Hindari makanan berlemak dan pedas
Saat sahur, hindari makan makanan berlemak, pedas, atau berminyak. Makanan itu bisa membuat perut terasa tak nyaman di siang harinya. Tapi jangan pula membiarkan perut kosong, tetap asup karbohidrat sederhana dan minum banyak air. (MI/ICH)

Sumber By Metrotvnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.