Sabtu, 24 September 2011

VOSTOCK Radio Room "KRONOMETROFILIA" Edition 100 pcs Worldwide

KRONOMETROFILIA adalah sebuah komunitas bagi para Penggemar/ Pecinta Arloji di Indonesia. Mayoritas anggotanya merupakan penggemar jam-jam tangan antik yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Komunitas ini secara rutin (bukan dalam konteks waktu) mengadakan pertemuan untuk sekedar berbagi cerita, pengetahuan mengenai arloji dan juga ajang update koleksi jam yang terakhir di akusisi.

Untuk memperkuat eksistensi komunitas ini, para anggota sepakat untuk membuat sebuah jam edisi khusus yang bisa dimiliki oleh para anggota. jam yang dibuat haruslah unik dan menarik perhatian. Dari berbagai diskusi di milis KRONOMETROFILIA, beberapa alternatif desain diajukan dan dibahas. Akhirnya sebagian besar anggota setuju untuk mengadopsi sebuah desain jam dari Vostock yang desainnya khas, yaitu: RADIO ROOM. Desain jam ini langsung ditanyakan dan dipesan ke Vostock sejumlah 100 buah.

Jam Radio Room sendiri merupakan jam yang desainnya unik dan eye catching ketika digunakan. Desain dial memiliki bagian-bagian yang berwarna berbeda dan kontras. Desain ini dulu digunakan sebagai patokan bagi kapal-kapal yang berlayar pada jaman dulu untuk tidak menggunakan frekwensi radio ketika jarum menit berada di bagian yang berwarna merah. Dan kapal-kapal yang dalam keadaan emergensy bisa menggunakan waktu ketika jarum menit di bagian yang berwarna merah untuk meminta bantuan, karena semua frekwensi radio ketika waktu itu tidak difungsikan oleh kapal lain sehingga permintaan tolong mereka akan bisa diketahui oleh kapal lain.

Jam Radio Room sudah diproduksi sejak puluhan tahun lalu ketika teknologi navigasi belum secanggih sekarang. Pada umumnya, jam-jam rusia Radio Room menggunakan material base metal untuk casing. namun karena Vostock ini merupakan produk Rusia modern maka material jam dibuat dari baja. Diameter jam 40mm jadi tidak terlalu kecil bagi era jam besar seperti sekarang. lebar lug-to-lug adalah 18mm dan menggunakan rantai.

Pada dial terdapat logo Vostock dan tulisan KRONOMETROFILIA dibawahnya. Pada bagian bawah angka 6 terdapat tulisan yang maknanya bahwa jam ini dibuat khusus bagi komunitas penggemar jam di Indonesia.

Dari 100 buah radio Room yang dipesan, saya memilih angka 89. Keterangan mengenai serial number dan jumlah produksi di grafir di bagian belakang.

Saya merasa kalau rantai jam ini tidak dibuat dengan baik dan nyaman, berbeda dengan desain dan material yang digunakan untuk casing yang masih nyaman dikenakan. karena itu biasanya rekan-rekan lain menggantinya dengan strap kulit atau nato strap.

Ketika saya memotret jam ini dan menggantinya dengan strap kulit, istri saya yang akhir-akhir ini menjadi ketularan suka jam juga, melihat dan berkomentar kalau jam nya bagus serta unik. Akhirnya jam ini menjadi salah satu jam kesayangannya. memang kalau diperhatikan, jam ini semakin bagus ketika dipadukan dengan strap kulit yang kontras berwarna hitam. Dengan diameter 40mm, jam ini menjadi lebih menarik ketika didudukkan di pergelangan tangan istri saya!.... :-)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.