Selasa, 27 September 2011

PANERAI Radiomir Blackseal PAM 380 painted Dial

RADIOMIR Blackseal PAM 380 merupakan generasi terbaru dari seri BlackSeal. Beda dengan Blackseal sebelumnya, Blackseal edisi ini menggunakan finishing model lama yaitu dengan Painted index/ Dial, sedangkan Blackseal sebelumnya (PAM 183, 287) menggunakan desain sandwich dial. PAM 380 adalah salah satu produk terkini dari PANERAI yang pertama kali diperkenalkan ke publik pada awal tahun 2011 pada gelaran SIHH 2011. Produksi pertama ini (Seri N), PANERAI memproduksi sebanyak 2500 buah untuk seluruh dunia.Saya pribadi suka dengan desain radimomir karena desainnya sangat klasik dan unik. Desain ini iconic dan hanya PANERAI yang memiliki desain casing seperti ini.

Kalau dilihat dari desain dial, PAM 380 ini seperti desain PAM 005 Luminor yang dikombinasikan dengan casing Radiomir. Mungkin saja desain ini diproduksi untuk mengakomodir penggemar painted dan logo dial seperti tipe 005 tapi dimasukkan dalam casing Radiomir. Jam ini menggunakan calf leather hitam sebagai strap bawaan dan menurut saya sebuah radiomir akan terlihat lebih menarik ketika dikombinasikan dengan calf leather yang berwarna kontras. Karena itu saya ganti strap bawaan dengan custom strap berwarna coklat dari Strap Works.

Tidak seperti Blackseal 183 yang juga menggunakan manual winding movement, Blackseal 380 ini menggunakan solid caseback sehingga movement jam tidak terlihat. Manual winding movement yang digunakan adalah Cal.OP II yang menggunakan basis movement ETA 6497 yang dikenal tangguh dan merupakan manual winding movement yang paling banyak dijadikan base bagi banyak produsen jam. Cal.OP II memiliki beat 21,600 bph dengan power reserve 56 jam.

Dengan dimensi 45mm, jam ini memang terlihat besar di tangan apalagi kalau tangan anda tidak begitu besar. Namun, ketika dikenakan jam ini tetap menarik untuk dilihat. Mungkin karena desain casing yang khas dan dial yang lebar dengan desain yang sederhana...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.