Minggu, 18 September 2011

JAEGER LeCOULTRE Master Compressor Geographic

Jaeger LeCoultre dikenal dan dihormati sebagai salah satu perusahaan jam yang konsisten untuk hanya menggunakan movement yang diproduksi sendiri (Inhouse). Desain Jaeger juga seringkali unik dan khas. Salah satu desain sport adalah tipe Master Compressor, yang memiliki ciri khas memiliki 2 crown besar. Seri Master Compressor dari Jaeger yang saya miliki ini adalah Master Geographic.

DIAL

Desain khas dari seri Geographic ini adalah terdapat rotating disc yang sebagian muncul pada dial bagian bawah. Rotating disc ini berisi nama-nama negara sebagai patokan penunjuk waktu dunia uang didasarkan pada GMT (Greenwich Mean Time). Informasi waktu untuk menunjukkan negara yang ditunjuk terletak diatas angka 6 dengan tambahan informasi AM/PM. Feature yang dimiliki oleh jam ini sangat informatif dan mudah untuk dioperasikan. Ketika kita merubah nama negara penunjuk waktu kedua, jarum jam kecil yang berada di sub dial akan ikut berubah secara otomatis, berikut informasi AM/PM nya.


CASEBACK dan MOVEMENT

Pada caseback terdapat emblem rose gold yang menunjukkan bahwa movement jam ini sudah melalui uji ketahanan dan akurasi selama 1000 jam berdasarkan methodologi pengujian JLC yang dikenal ketat dan lebih baik dari COSC. Untuk mengetahui program pengujian 1000 jam ini bisa dibaca pada thread jaeger leCoultre yang lain di blog ini.


Movement yang digunakan adalah Automatic cal.923 yang merupakan high beat movement 28,800 bph. Konstruksi movement ini terdiri dari 281 bagian dengan 32 jewels dengan power reserve selama 43 jam.

STRAP

Salah satu hal yang sangat saya sukai dari jam ini adalah jenis dan kualitas strap yang digunakan. Master Compressor ini menggunakan kulit crocodile dengan pattern kulit yang bagus dan warna yang eksotis, coklat kehitaman. Kulit ini diambil dari bagian terbaik dari kulit crocodile dengan ciri khas untuk tipe master Compressor yaitu double white stitching. Perpaduan warna tali kulit dengan warna dial sangat pas. Master Compressor Geographic diproduksi dalam 2 varian, yaitu menggunakan crocodile strap dan bracelet. Untuk strap menggunakan deployant buckle.


CASING


Casing jam dibuat dengan finishing all polished sehingga terlihat mengkilat di keseluruhan bagian casing. Tipe ini disebut 'Master Compressor' dengan ciri khusus 2 crown besar yang dapat memperkuat kompresi jam ini terhadap tekanan air. Crown ini dapat difungsikan 'Open" dan 'Closed'. Informasi 'open' dan 'closed' ini dapat diketahui dari penggunaan simbol anak panah yang berwarna putih dan merah. Compression seal berfungsi ketika kita memutar crown hingga simbol anak panah putih muncul. Posisi ini harus dipastikan berlaku ketika pemakai hendak melakukan aktifitas olah raga air. Dalam posisi ini, tidak dianjurkan untuk melakukan adjustment untuk waktu dan second time zone.

Posisi 'open' ditunjukkan dengan 2 anak panah berwarna merah. Pada posisi ini pemakai bisa melakukan adjustment untuk waktu dan second time zone. Diantara 2 crown tersebut terdapat sebuah kenop tekan yang berfungsi untuk melakukan adjustment tanggal.

Dengan size 42mm, Jaeger Master compressor geographic ini terasa nyaman dan pas saat dikenakan. Desainnya yang unik menjadi sebuah ciri khas dari brand ini, terutama seri master Compressor.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.