Selasa, 20 Desember 2011

BREITLING Chronomat Crosswind Racing

BREITLING adalah sebuah merek yang seringkali diidentikkan dengan dunia Aviasi dan tools untuk penghitung waktu kecepatan dalam olah raga atau keggiatan ekstrim lainnya. Ada 2 jenis desain yang melekat dengan merk ini dan dianggap sebagai Icon brand ini, yaitu Navitimer dan Chronomat. Desain Navitimer dan Chronomat sangat berbeda dan desain ini mengalami evolusi seiring dengan trend di dunia horologi.

Seringkali, ketika saya meng-eksplorasi informasi sebuah jam, saya seringkali mendapatkan informasi yang menarik terkait jam tersebut. Contohnya adalah Breitling Chronomat ini. Awalnya saya beranggapan bahwa Breitling Chronomat ini adalah jenis Chronomat Crosswind biasa, seperti hal-nya Chronomat lainnya. Ketika pertama kali saya terima jam ini, ternyata ada perbedaan dengan tipe chronomat Crosswind yang biasa.

Pertama, Yang sangat berbeda adalah penampilan jam secara keseluruhan. Material jam ini menggunakan finishing brushed sehingga tidak ada bagian dari casing dan bracelet (kecuali elemen gold) yang mengkilat seperti halnya finishing chronomat Breitling pada umumnya.

Yang Kedua, casing Crosswind racing ini ternyata lebih besar yaitu 42,7mm tanpa crown dengan ketebalan 15,3mm. Size ini berbeda dengan Crosswind biasa yang lebih kecil, sekitar 40-41mm.

Saya masih belum tahu kenapa Crosswind ini dinamai Crosswind Racing, apakah mungkin ada kaitannya dengan dunia otomotif? Crosswind Racing diproduksi hanya 2 tahun saja yaitu pada tahun 2003-2004 dengan menggunakan automatic chronograph movement Cal.13 yang menurut saya menggunakan basis movement dari ETA 7750 dengan special adjustment dan mendapatkan sertifikat Chronometer dari COSC.


Jadi, bisa dikatakan bahwa seri Racing ini adalah seri Transisi dari Chronomat Crosswind ke Chronomat Evolution (Seri terakhir Chronomat). Bedanya dengan chronomat evolution yang paling terlihat adalah finishing dan size. Chronomat Evolution menggunakan finishing all polished steel dan size 44mm.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.