Jumat, 08 Juli 2011

Tampilan Baru Blogger



Tampilan Terbaru Saat Posting di Blogger.com 8 Juli 2011

Sejak di 2010 lalu blogger melakukan berbagai perubahan / pengembangan dari fitur-fitur yang ada di Blogger (Blogspot) . 
Apkah sobat gaptek tau / masih ingat apa saja yang baru di blogspot tahun lalu?

Kalau lupa, Blogger gaptek akan sedikit mengingatkan kembali apa saja seh perkembangan blogspot di 2010 hingga 2011 sekarang ini beberapa ada yang sudah kuulas secara khusus di postingan sebelumnnya:

1. Template Designer
Tahun lalu blogger meluncurkan sebuah fitur yang memungkinkan kita melakukan kustomisasi terhadap template kita dengan fitur WYSIWYG (What You See Is What You Get) lewat dashboard akun kita. Namun sayangnya fitur ini kurang maksimal menurutku dikarenakan kita tidak bisa menggunakan fitur ini untuk semua template hanya beberapa template standar bawaan blogger saja yang bisa kita edit menggunakan template designer ini.

2. Web Font
Blogspot juga meluncurkan fitur ini, namun jujur aku sendiri belum pernah menambahkan font baru kedalam blog ini padahal fiturnya sudah disediakan, he.Alasannya seperti point nomer 1.

Tidak mau kalah dengan wordpress yang sudah sejak lama memiliki fitur stats yang terintegrasi di dashboardnya , blogspot juga meluncurkan fitur 'Stats' tahun lalu.  Walau fiturnya masih sangat standard dan tidak ada menu untuk menn track uniq visitor dan juga penghitungan kurang tepat , pageviewnya menurutku tiga kali lipat lebih besar dibandingkan dengan stats lain semisal Google Analitycs atau Sitemeter

4.Spam Filtering (Menu Pengaturan Komentar Yang Baru)
Sekarang pengguna blogspot lebih mudah mengelola / melihat semua komentar yang masuk karena fitur pengelolaan yang telah diupdate oleh blogger sejak 2010 lalu. Sebelumnya pengelolaan komentar di blogspot menurutku sangat parah. Selain itu juga blogspot sudah bisa otomatis menangkal bermacam komentar yang dianggap spam.

5. Stability
Pernahkan blog sobat mengalami error / hosting down kalaunya sobat pake self hosting di Cms lain?
Tidak pernah kan, itu dikarenakan sejak 2010 lalu Google (Blogspot) berkomitmen menjadikan blogger "The Only Service With Zero Downtime Overall"


Dan, Blogger menjanjikan perubahan yang lebih keren lagi untuk blogspot di 2011 yaitu :

1. Modern User Interface (Launch Juli 2011 di Draft.blogger.com)

Di 2011 ini Google mengabarkan akan merombak tampilan (interface) dari blogspot agar menjadi lebih modern tidak terkesan ketinggalan zaman lagi seperti sekarang dulu,  he.

Kira-kira seperti 2 gambar dibawah inilah tampilannya nanti (hampir seperti wordpress menurutku) Lebih didominasi dengan warna yang menenangkan , putih.

(Gambar by : Hakctutors.info)
Tampilan Baru Dashboard Blogger
Tampilan Terbaru Post Editor

2. Tampilan Mobile Blogspot

Fitur tampilan blogspot versi mobile yang sebelumnya masih dalam tahap beta di 2011 ini mungkin akan menjadi lebih sempurna.
Kita tunggu saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.