Sabtu, 23 Juli 2011

ROLEX Date Ref.1500 Produksi 1959

Kecantikan sebuah Rolex antik terutama yang diproduksi pada periode 1950 sampai awal 60-an benar-benar menarik minat saya. Ciri khas Rolex pada periode ini adalah penggunaan jenis jarum yang menurut saya seksi dan cantik, yaitu jarum berbentuk daun (leaf hands) dan pedang (dauphine hands).

Rolex antik yang baru saja saya akuisi ini merupakan Rolex date ref.1500 yang mungkin merupakan Rolex 1500 generasi awal yang dibuat pada tahun 1959. Generasi sebelum 1500 adalah Ref.6534 yang menggunakan warna tanggal merah dan hitam (Roullete date), sedangkan pada Ref.1500 semua tanggal sudah berwarna hitam. Desain jarum 1500 ini masih menggunakan jarum model daun dengan jarum detik berwarna biru (blued steel).

Keunikan lain pada 1500 ini adalah penggunaan 2 kombinasi desain indeks hours, yaitu balok dan angka arabic. Penunjuk jam 6 dan 9 menggunakan angka arabic yang dibuat timbul, bentuk angkanyapun unik. Desain indeks seperti ini tidak pernah saya temui pada Rolex antik yang pernah saya dapat sebelumnya. Dial sudah terlihat berubah warna dan 'berjerawat' karena faktor usia. bagi sebagian orang, kondisi ini mungkin tidak disukai karena jam menjadi terlihat tidak mulus. Tapi sebaliknya bagi saya, kondisi seperti ini adalah wajar karena usia jam yang sudah lebih dari 50 tahun sehingga apabila muncul perubahan warna dan 'jerawat' adalah wajar. Dan bagi saya malah bertambah terlihat seksi ! karena jam ini menjadi berkarakter..

Rantai yang digunakan adalah oyster riveted bracelet yang desainnya juga unik yaitu seperti 'dipaku' diantara bagian. Tipe rantai seperti ini semakin sulit untuk bisa didapat yang masih dalam keadaan baik dan utuh. Biasanya sudah rusak dan kondisinya tidak layak pakai lagi. Untuk membuka sambungan rantai seperti ini sulit karena harus membuka lempengan antar sambungan. Beruntung, saya mendapatkan jam ini dengan rantai yang masih panjang dan nyaman dipakai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.