Sabtu, 09 Juli 2011

RPP MATEMATIKA XII IPA SEMESTER II SMA

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : XII(duabelas)/2(genap)
Program : Program IPA
Pertemuan Ke- : 11-12
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
Standar Kompetensi : 
5. Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar :
Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret
Indikator :
  • Menjelaskan karakteristik masalah yang model matematikanya berbentuk deret aritmetika atau geometri.
  • Merumuskan deret yang merupakan model matematika dari masalah
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat
  1. menjelaskan karakteristik masalah yang model matematikanya berbentuk deret aritmetika atau geometri;
  2. merumuskan deret yang merupakan model matematika dari masalah.
Materi Pembelajaran
Notasi Sigma, Barisan dan Deret, serta Induksi Matematika
Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
Langkah-Langkah Kegiatan
A. PERTEMUAN Ke-11
Pendahuluan:
1. Apersepsi:
  • Membahas tugas yang diberikan dari pertemuan sebelumnya.
  • Mengingat kembali materi pertemuan sebelumnya.
  • Menyampaikan kegunaan materi yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (khususnya yang berkaitan dengan kompetensi dasar).
2. Pemberian motivasi.
Kegiatan Inti:
  1. Dengan tanya jawab, dibahas karakteristik masalah yang model matematikanya berbentuk deret aritmetika atau geometri dan merumuskan deret dengan model matematika.
  2. Secara berkelompok, siswa membahas soal latihan dan mengumpulkan hasilnya. Selama diskusi berlangsung, guru memantau kerja siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
  3. Meminta beberapa perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain memberikan tanggapan. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.
  4. Jika terdapat perbedaan, guru bersama siswa merumuskan jawaban yang benar.
Penutup:
1. Guru membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja dibahas.
2. Guru memberi tugas rumah.
B. Pertemuan Ke-12
Pendahuluan:
1. Apersepsi:
  • Membahas tugas yang diberikan dari pertemuan sebelumnya.
  • Mengingat kembali materi pertemuan sebelumnya.
  • Menyampaikan kegunaan materi yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (khususnya yang berkaitan dengan kompetensi dasar).
2. Pemberian motivasi.
Kegiatan Inti:
  1. Dengan tanya jawab, dijelaskan cara menentukan penyelesaian dari model matematika dan memberikan tafsiran terhadap hasil yang diperoleh.
  2. Secara berkelompok, siswa membahas soal latihan dan mengumpulkan hasilnya. Selama diskusi berlangsung, guru memantau kerja siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
  3. Meminta beberapa perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain memberikan tanggapan. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.
  4. Jika terdapat perbedaan, guru bersama siswa merumuskan jawaban yang benar.
Penutup:
  1. Guru membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja dibahas.
  2. Guru memberi tugas rumah.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Buku Perspektif Matematika 3 Kelas XII SMA Program IPA (halaman 242-254)
Penilaian
Jenis: tugas dan tes tertulis
Bentuk: tes uraian
Soal:
  1. Suatu perusahaan kaos olahraga mulai berproduksi padatahun 1985 dengan jumlah produksi 2.000 kaos. ternyata setiap tahunnya jumlah produksi bertambah 500 kaos. Pada tahun keberapa perusahaan tersebut mampu memproduksi x kaos?
  2. Widi menabung uangnya di bank Rp500.000,00 setiap tahun. Bank tersebut memberikan bunga dengan sistem bunga majemuk sebesar 6% per tahun. Bagaimana model matematika jumlah uangnya setelah ditabung selama k tahun?
 Dan Seterusnya ....???
Baca Selengkapnya Silahkan Ambil File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF
2.Dalam Format DOC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.