Rabu, 29 Juni 2011

Suka Photography Tapi Gak ada kamera? gak masalah

hei para pecinta fotografi, lo suka fotografi tapi gak punya kamera DSLR? gak masalah....

awal gua megang kamera itu kelas 3 SD, waktu itu gua make kamera pocket film bokap yashica seri E (gua lupa berapa nomornya) yg dibeli bokap pas haji jaman gua masih di surga dulu... terus pas SMP gua beralih ke kamera digital pocket kodak easy share, sampe gua dikenalin sama kamera DSLR (Digital Single Lens Reflect) sama temen gua yg sesama cinta fotografi..

lah, kenapa gua jadi curhat?

gan, sebenernya, kamera itu cuma alat yg kalo di strata kan peringkat ke 2 dalam fotografi.. yg utamanya apa? yg utamanya itu adalah gimana kita bisa memaksimalkan kamera yg udah ada sekarang, misal, lo punya kamera pocket digital? gausah minder sama temen lo yg punya DSLR, belum tentu dia nguasain kameranya? yakan? (tapi kalo dia udah nguasain lo boleh minder haha).. gua juga belajar dari kamera digital gua kok.. malah, kalo pengen jadi seorang fotografer itu lebih berkesan pas kita ngalamin evolusi kamera yg kita pake, jadi ada kesan romannya gitu... haha

waktu gua belajar, gua pake 2 tipe merk kamera, NIkon sama Canon.. kenapa gua pake 2 merk yg berbeda? karena pas belajar awal gua belum punya DSLR, jadi tiap gua minjem kamera kaka kelas gua ato temen gua yaa dapetnya kalo gak kamera canon kalo gak nikon.. jadi kalo sekarang gua ditanya tentang 2 kamera itu alhamdulillah gua udah ngerti pengoprasiannya..

nah, ada beberapa perbedaan antara nikon sama canon..

NIKON:
- lebih kontras
- lebih natural warnanya
- lebih berat
- auto fokusnya ada di ujung lensanya, bukan di tengah lensa
- ngatur bukaannya lebih gampang (D70 D80 D90 D100 D200 D300 D300s D700 D2 D2s D3 D3s D3x) buat kamera yg pro nya..
- fiturnya lebih banyak
- bagus buat foto landscape
- bisa ngedit di kameranya (CURANG!) haha
- dll yg gak bisa gua sebutin

CANON:
- lebih soft hasilnya
- picture stylenya bisa diatur (sharpness, contras, saturation)
- lebih ringan (kecuali 1D, dan kawan2nya)
- auto fokusnya di tengah lensa (ngegantung di antara zoomnya)
- ngatur speed sama bukannya cukup gampang
- bagus buat foto potrait
- dll yg gak bisa gua sebutin

kalo gua disuruh milih? bingung gua.. haha sama2 punya kelebihan dan kekurangan sih, haha.. tapi kalo buat lo yg mau belajar, gua sarankan jadi nikoners, karena nikon mau asal jepret juga tetep bagus hasil warnanya (-_-)" sayang gua canoners.. tapi gua juga suka nikon, haha kalo di fotografi gua jadi orang atheis, hahaha..

yah, mungkin itu aja yg bisa gua kasih tau ke lo yg baru mau dan baru masuk fotorafi.. jangan terpaku sama model kamera dan merk kamera, jangan terpaku sama kamera yg bagus, karena semuanya sama aja kok.. hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.