Rabu, 15 Juni 2011

Cara Mudah Membuat Wireless Mikrotik Dari Komputer Bekas

Apa sih wireless mikrotik? namanya wireless berarti untuk koneksi jarak jauh tanpa kabel, koneksi yang aku maksud di sini adalah koneksi internet. Sedangkan Mikrotik, merupakan sebuah routerboard yang sangat berguna sekali dalam jaringan terutama dalam internet sharing. Lebih lengkap dengan mikrotik, kamu bisa membacanya di sini.
Seperti diketahui, mikrotik, seperti punya ku, RB 750 selain bisa untuk melimit download, membagi bandwith, dan memblokir situs-situs tertentu, bisa juga digunakan sebagai proxy untuk internet. Apa itu proxy? proxy sangat berguna sekali dalam internet sharing, karena dengan proxy, internet sharing jadi lebih cepat. Untuk sebuah warnet, tentunya sebuah keharusan untuk dipasangin proxy.

Jadi proxy akan menyimpan halaman-halaman html yang sudah pernah pernah dan sering dibuka sebelumnya. Jadi kalau ada klien mengakses halaman yang sama yang sudah pernah dibuka sebelumnya, akan terasa lebih cepat, karena mengambilnya dari proxy, bukan dari internet pusatnya. Sehingga alokasi bandwith internet bisa lebih hemat dan terbagi dengan baik. Selain itu, proxy juga bisa untuk video cache, misal video dari youtube. Jadi kalau ada klien yang sudah pernah memutar video tertentu dari youtube, dan ada klien lagi yang mengakses video yang sama, maka video itu akan cepat sekali streamingnya tanpa jeda.

Mikrotik RB 750 seperti punya ku memang bisa untuk proxy, tapi kemampuannya sangat diragukan, alias kurang baik. Trus gimana solusinya ? solusinya kamu harus membuat proxy sendiri lagi, yaitu dengan menyediakan 1 CPU lagi. Jadi nanti ada 1 mikrotik RB 750 dan 1 unit CPU untuk proxy. Tapi hal ini kurang praktis dan lebih mahal. O ya, yang aku tuliskan ini tentang internet share pakai wifi ya, bukan ambil dari speedy langsung dan sejenisnya yang berkabel, tapi dari wifi (tanpa kabel).

Perkembangan teknologi dan informasi yang selalu terupdate dengan cepat tanpa batas menginspirasi seorang teman untuk membuat solusi mikrotik dan proxy  yang lebih murah dan praktis untuk internet wifi itu. Mas Husni, biasa aku memanggilnya, membuat sebuah pc box sebagai solusinya. Yaitu sebuah mainboard yang ditaruh di dalam kotak seng yang berfungsi sebagai wireless mikrotik dan juga proxy.  Mainboard nya nggak usah bagus-bagus, cukup pentium IV. Seperti di bawah ini gambar dari pc box Mas Husni



membuat wireless mikrotik dari pc bekas

Jangkauan wireless mikrotik Mas Husni ini bisa mencapai 20 km dengan penangkap juga wireless mikrotik. Keren kan.....Selain itu dengan pc box keamanan jaringan kamu lebih bagus. Gimana? Bingung? tertarik? Mau praktek? langsung aja kamu meluncur ke blognya Mas Husni yang membahas dengan detail langkah-langkahnya. Klik di sini untuk masuk ke  blog Wireless, Router dan Proxy milik Mas Husni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.