Kamis, 22 Maret 2012

Pengertian ROM atau Read Only Memory



ROM merupakan bagian memory yang menyimpan program data secara permanen jadi program data di dalam ROM tidak akan hilang jika daya listrik di matikan pada saat komputer beroperasi. Program data nya tidak bisa di hapus atau di kurangi.
kata mas ermi ROM di sebut juga dengan "memoy nonvolatile" memory ini hanya di isi data programnya oleh pabrik yang membuat IC,di sesuaikan dengan komputernya yang bersifat permanen atau bersifat residen.
Keungulan utama ROM adalah untuk menempatkan program BIOS (basic input output system) yaitu program yang di gunakan untuk mengendalikan komputer pertama kali sebelum melakukan operating system misalnya pengecekan dan pengendalian konfigurasi hardware.
jika semua perangkat telah bekerja dengan baik BIOS menyerahkan oprasi berikutnya ke operasi system (sistem abooting) untuk mengubah konfigurasu BIOS dapat mengunakan teknologi yang di pakai oleh CMOS ( coplementary metal oxide semiconductor ).

berikut jenis-jenis memory ROM :
  1. PROM ( programmable ROM ) jenis ROM yang berisi program dan data yang tidak dapat di ubah oleh komputer ataupun pemakai program ini hanya di isi oleh pabrik pembuat IC yang di program untuk mengoprasikan data
  2. EPROM ( erasable programmable ROM ) adalah jenis ROM yang dapat di hapus dan jika datanya ingin di hapus harus mengunakan sinar ultra violet kemudian dapat di program kembali mengunakan program NMOS.
  3. EEPROM ( electrical erasable programmable ROM ) dalah jenis EPROM yang dapat di program dengan pilsa tegangan listrik .
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.