Selasa, 06 Maret 2012

GRAND SEIKO SBGA 003 Spring Drive

Grand Seiko merupakan tipe yang diposisikan sebagai 'kasta tertinggi' dalam jajaran produk Seiko (diluar 'Credor' yang tidak mancantumkan nama 'Seiko'). Seiko begitu bangga dengan tipe ini hingga untuk menjaga eksklusifitas awalnya mereka hanya menjual GS hanya di Jepang saja. Sehingga para pecinta produk ini mesti membeli dari Jepang langsung atau meminta bantuan Seiya dan Higuchi yang bisa menjual GS via online. Karena antusiasme terhadap GS di dunia International semakin tinggi, akhirnya manajemen Seiko memutuskan untuk membuka diri untuk menjual GS keluar Jepang.

Saya sebagai penggemar berat Seiko sangat mengagumi dan juga menginginkan GS sebagai salah satu koleksi Seiko saya. Selama ini saya baru bisa mengumpulkan beberapa buah GS vintage dari mulai generasi kedua sampai produksi tahun 70-an. Karena GS modern harganya bisa membuat orang kaget, maka saya perlu menentukan tipe GS apa yang akan saya beli agar tidak 'merasa bersalah' karena membeli GS yang tidak betul-betul saya sukai. Akhirnya saya menentukan beberapa kriteria untuk GS modern pertama yang ingin saya miliki: harus dial hitam, size besar, teknologi movement terkini dan menggunakan rantai.

Atas saran 2 orang teman yang saya ajak diskusi mengenai dream watch GS saya, mereka memberikan beberapa alternatif dan yang menarik minat saya adalah SBGA 003, GS Spring drive dial hitam. Ternyata cocok dengan persyaratan saya. Ketika berkunjung ke sebuah toko jam di Kuala Lumpur, saya melihat mereka menjual jam GS dan saya lihat salah satunya adalah SBGA003 ini, dan akhirnya saya berkesempatan untuk mencobanya..and I love it!. Dan, atas bantuan seorang rekan baik akhirnya keinginan saya untuk mendapatkan jam ini akhirnya tercapai. Walaupun harus menunggu agak lama karena memang pencariannya sulit.

SBGA 003 menggunakan movement Spring Drive automatic yang proses desain dan produksinya selesai pada tahun 2005 dan mulai dipamerkan pada BASEL Fair tahun 2006. Kehadiran Spring Drive automatic membuat banyak pihak kagum dengan inovasi yang dilakukan oleh Seiko. Orang kini tidak lagi menyebut Seiko sebagai 'The sleeping Giant' karena sang raksasa kini mulai bangkit dan menunjukkan kemampuannya. Banyak orang meyakini bahwa revolusi Spring drive akan menjadi tonggak penting dalam dunia horology. Penjelasan detail mengenai teknologi Spring drive akan saya bahas dalam posting terpisah.

Dalam proses pencarian dan menunggu GS idaman saya, saya membeli sebuah Seiko JDm juga yaitu Seiko Spirit yang desainnya memang mirip dengan GS. Gambar dibawah menunjukkan adanya kesamaan dalam pakem desain kedua jam tersebut. Dimensi Seiko Spirit lebih kecil (sekitar 38-39mm) sedangkan GS SBG003 memiliki diameter 41mm. kalau dari segi finishing memang masih jauh lebih bagus GS.

Yang saya sangat suka dari SBGA003 ini adalah warna dialnya yang hitam kelam. Awalnya saya kira warnanya adalah hitam Glossy tapi setelah dilihat dengan menggunakan loop, terlihat bahwa warna dial ini adalah hitam doof sedangkan hitam glossy hanya digunakan untuka penunjuk power reserve. Built quality casing GS ini sangat halus dan detailnya rapi. Finishing casing dibuat 2 macam: mirror dan brushed finish. Indeks dibuat tidak ktak tapi keempat sisinya dibuat miring. Hal ini dibuat agar saat cahaya mengenai dial dan indeks, pantulan cahayanya akan terlihat lebih tersebar. Permukaan indeks juga tidak dibuat rata tapi bertekstur horisontal.

GS ini menggunakan High Definition dual-curved sapphire crystal yang diberi lapisan anti reflective coating untuk penutup depan dan case back. Penggunaan material ini membuat penampilan jam menjadi lebih jernih dan mewah. Pandangan ke permukaan dial juga menjadi lebih jelas. Diameter tanpa crown adalah 41mm dengan ketebalan 12,5mm dan berat total berikut rantai adalah 150 gram.

Konstruksi casing dibuat khusus dan memiliki ketahanan terhadap magnet sebesar 60 gauss atau 4800 A/m. Walaupun jam ini dikategorikan sebagai dress watch, tapi casing GS ini dibuat untuk bisa tahan tekanan 10 bar atau 100m water resistant. Jadi bisa dikatakan untuk sebuah jam dressy, jam ini memiliki spesifikasi sebuah jam sport.

Movement GS menggunakan automatic Spring drive Cal.9R65 yang memiliki 30 jewels dan 276 parts. Diameter movement lebih besar dari automatic movement biasa karena itu desain casing GS spring drive dibuat lebih besar. Rantai terbuat dari solid steel yang dibuat juga dengan 2 finishing yaitu mirror dan brushed finish. Desain rantainya saya suka karena terlihat kokoh sekaligus nyaman dipakai. Penggunaan double folding claps bisa menjadi masalah ketika tangan kita besar karena desain rantai tidak bisa digeser-geser, dan harus dikurangi atau ditambahkan link (mata) rantai agar bisa sesuai di pergelangan tangan.

Diameter 41mm untuk sebuah seiko dress watch sudah termasuk besar (bandingkan dengan Rolex Submariner yang 40mm), tapi ketika dipakai jam ini tidaklah terlihat besar seperti yang saya kira dan nyaman ketika dikenakan. Ini dimungkinkan karena desain lugnya yang panjang dan melengkung kebawah dengan curam sehingga seolah 'menggenggam' pergelangan tangan pemakai. Pada gambar di bawah menunjukkan desain lugs yang menurun.

Beberapa orang yang menanyakan jam ini kaget ketika saya beritahu harganya dan mereka bertanya-tanya kok ya saya mau mengeluarkan uang begitu besar untuk sebuah Seiko. Saya malah bingung untuk menjawabnya karena memang saya membeli Seiko ini bukan karena merk-nya tapi saya membeli teknologi, keindahan dan sebuah 'karya seni' dalam bentuk jam. Memang ketika jam ini saya pakai, penampilan nya sangat berbeda dibandingkan dengan jam lain, meskipun merk lain tersebut adalah jam Swiss dari merk terkenal. Kualitas finishing, proporsi dan detail yang rapi membuat jam ini terlihat tetap 'low profile', namun tetap juga terlihat mewah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.