Selasa, 12 Januari 2010

Update Driver Dengan Mudah, Cepat, dan Tepat


Hardware yang  terpasang pada komputer ataupun laptop membutuhkan driver untuk dapat bekerja secara optimal dengan sistem operasi. Tak berbeda dengan software lainnya, driver pun memerlukan update untuk perbaikan kinerjanya sehingga optimal. Update driver tidak seperti update windows yang selalu mengingatkan secara otomatis tentang keberadaan update terbaru, sehingga driver harus di update manual, dan mengecek ke web resminya dari tiap produsen drivernya. 

Dan postingan di siang hari yang mendung ini, anax kolonx akan ngasih software untuk mendownload driver-driver tersebut tanpa harus melalui web resmi produsennya, sehingga lebih mudah, cepat dan akurat. Software itu adalah Device Doctor. Seperti namanya, software ini seperti dokter yang akan menganalisa komputer  kamu terutama pada driver hardwarenya, dan melakukan update otomatis bilamana mendeteksi keberadaan update terbaru. Termasuk di dalamnya update WHQL (Microsoft Certified) dan non WHQL driver. Proses Download driver oleh Device Doctor dapat dilakukan dengan cepat dan berjalan tiap waktu, dikarenakan semua driver telah berada di chace.

Penggunaannya sangat user friendly, setelah terinstal di komputer kamu, jalankanlah dan tampilannya seperti ini 




Setelah itu klik Begin Scan, dan Device Doctor akan melakukan scanning terhadap update driver di komputer kamu. Sebaiknya lakukan scanning saat PC kamu terkoneksi dengan internet, kalau tidak hasilnya akan seperti gambar di bawah ini (Muncul pesan eror) 



Tapi kalau tak terkoneksi, jangan kuatir  kamu masih bisa melanjutkan scanning dengan mengklik “yes” pada pesan eror tersebut. Setelah selesai scanning kamu dihadapkan untuk menentukan letak driver scanning tadi, terserah mau di taruh dimana, tapi jangan lupa pada “save as type” pilih html.


Setelah itu buka tempat dimana kamu menaruh hasil scan tadi, dan dobel klik pada hasil scan, dan klik “retrieve my drivers” (pada saat ini komputer harus dalam terkoneksi dengan internet karena akan melakukan download update driver)





Lakukan download dan hasilnya nanti seperti ini 




dan Tinggal menginstalnya satu persatu,

sebenarnya update driver dari windows sendiri sudah menyediakannya secara default, tapi aku rasa melakukan update driver secara default kurang praktis dan efisien. Karena kita harus ke web resmi driver  itu sendiri, lalu ambil file updatenya, file update ini tidak bisa di klik dan install begitu saja, melainkan harus lewat my computer klik kanan properties>hardware>device manager>lalu pilih satu-satu update yang sudah di download dan dimasukkan, 







untuk mendownload device doctor silahkan kllik di sini
Sekian dari anax kolonx, semoga bermanfaat  :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.