Kamis, 05 Agustus 2010

Munculnya Pesan Eror Bukan Selalu Ulah Virus

Akhirnya Ketemu lagi di hari Jum'at. Maaf ne agak terlambat posting, sebenarnya pingin kemarin tapi listrik malah mati, kagak bisa posting dah. Agak jengkel juga neh, katanya dulu nggak akan ada pemadaman listrik lagi tapi sampai sekarang kok ya masih ada aja. Udah tarif listrik naik tapi pelayanannya nggak ikut ditingkatkan, nggak well ah.  Emang lagi carut marut ne negara, haduwh pusing dah. Daripada kebanyakan mikir masalah negara mending bahas komputer aja yuk.
Pernah nggak teman-teman menemukan pesan eror pada PC atau laptop yang bentuknya kayak gini

application error
Bagi yang pernah, menurut teman-teman itu kenapa?
Kebanyakan menyebutnya itu karena virus, tapi kenyataannya belum tentu itu semua ulah virus. File aplikasi dapat menjadi corrupt tanpa harus disebabkan oleh virus. Berikut beberapa hal yang menyebabkan munculnya pesan eror tersebut :
1. Padamnya listrik secara tiba-tiba saat proses penulisan data. Untuk hal ini sebaiknya PC diberi UPS agar masih bisa menyimpan data dengan baik saat listrik padam tiba-tiba.
2. Adanya bug pada aplikasi. Kalau emang benar terdapat bug, maka segera cari patchnya atau kalau nggak ya di update aplikasinya.
3. Bad sector pada hardisk. Kalau yang ini ganti saja hardisknya.
4. Terjadi konflik/crash sesama software. 

Langkah terbaik saat menjalankan program aplikasi dan tiba-tiba muncul pesan eror tersebut adalah dengan melakukan scan secara khusus terhadap file tersebut. Jika tidak ditemukan adanya virus, kemungkinan file tersebut memang tidak mengandung virus.

Lalu munculnya blue screen secara tiba-tiba juga seringkali dianggap sebagai ulah virus. Beberapa virus memang dapat menyebabkan munculnya blue screen ini (meskipun jarang). Yang seringkali menyebabkan munculnya blue screen ini diantaranya :
1. Driver yang tidak bagus. Maka dari itu selalu update drivernya.
2. Kesalahan memory.
3. Registry yang rusak atau penggunaan file DLL yang tidak cocok.

blue screen
Jadi kalau teman-teman menemui pesan eror seperti di atas, jangan panik  ya!!!   Kalau ternyata kena virus ya di scan aja, tapi kalau selain itu antisipasi dengan selalu mengupdate PC dan menggunakan software atau hardware yang kompatibel. Ada yang mau menambahkan tentang hal ini? Ayo Torehkan di kotak komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.