Sabtu, 09 Juli 2011

RPP MATEMATIKA XII IPS BAB INTEGRAL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)


Nama Sekolah : SMAN 1 Kutowinangun
Mata Pelajaran : Matematika
Pokok Bahasan : Integral
Kelas / Program : XII(duabelas) / IPS
Semester : 1(Ganjil)

Standar Kompetensi :
1. Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar :
1.1. Memahami konsep integral tak tentu dan integral tentu.

Indikator :
  1. Menentukan integral tak tentu dari fungsi aljabar sederhana.
  2. Menjelaskan integral tertentu sebagai luas daerah di bidang datar.
  3. Menentukan integral tentu dengan menggunakan sifat-sifat (aturan) integral.

Alokasi Waktu :
10 jam pelajaran (5 pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran

  • Peserta didik dapat menentukan integral tak tentu dari fungsi aljabar sederhana.
  • Peserta didik dapat menjelaskan integral tertentu sebagai luas daerah di bidang datar.
  • Peserta didik dapat menentukan integral tentu dengan menggunakan sifat-sifat (aturan) integral.

B. Materi Ajar

a. Integral tak tentu.
b. Integral tertentu.

C. Metode Pembelajaran

Ceramah, tanya jawab, diskusi.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama dan Kedua

Pendahuluan
Apersepsi :
Mengingat kembali materi mengenai turunan dari fungsi aljabar.
Motivasi :
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat mengetahui cara menentukan integral tak tentu dari fungsi aljabar sederhana.
Kegiatan Inti
  • a. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai cara menentukan integral tak tentu dari fungsi aljabar sederhana berdasarkan aturan pengintegralan, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut  mengenai pengertian integral tak tentu,rumus dasar integral tak tentu,sifat-sifat integral tak tentu.
  • b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menentukan integral tak tentu dari fungsi aljabar sederhana.
  • c. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket  mengenai penentuan integral tak tentu.
  • d. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai penentuan integral tak tentu dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket sebagai tugas individu.
  • e. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. 6 dan 7.
  • f. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket sebagai tugas individu.
Penutup
  • a. Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai pengertian integral tak tentu dari fungsi aljabar sederhana.
  • b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
  • c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan pengertian integral tak tentu dari fungsi aljabar sederhana dari soal-soal latihan dalam buku paket  yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.
Pertemuan Ketiga dan Keempat

Pendahuluan
Apersepsi : 
  • Mengingat kembali mengenai turunan fungsi aljabar sederhana dan aturan pengintegralan (integral tak tentu).
  • Membahas PR.
Motivasi : 
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan integral tertentu sebagai luas daerah di bidang datar dan menentukan integral tertentu dengan menggunakan sifat-sifat (aturan) integral.
Dan Seterusnya ....???
Baca Selengkapnya Silahkan Ambil File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF
2.Dalam Format DOC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.