Mata Pelajaran : Matematika
Pokok Bahasan : Barisan dan Deret
Kelas/Semester : XII(duabelas)/2(genap)
Program : IPS
Pertemuan Ke- : 1-16
Alokasi Waktu : 32 X 45 menit
Standar Kompetensi :
4. Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar :
Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri
Indikator :
- Menjelaskan ciri barisan aritmetika dan barisan geometri.
- Merumuskan suku ke-n barisan aritmetika dan jumlah n suku deret aritmetika.
- Menentukan suku ke-n barisan aritmetika dan jumlah n suku deret aritmetika.
- Merumuskan suku ke-n barisan geometri dan jumlah n suku deret geometri.
- Menentukan suku ke-n barisan geometri dan jumlah n suku deret geometri.
- Menjelaskan ciri deret geometri tak berhingga yang mempunyai jumlah.
- Menghitung jumlah deret geometri tak berhingga
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat
- menjelaskan ciri barisan aritmetika dan barisan geometri;
- merumuskan suku ke-n barisan aritmetika dan jumlah n suku deret arit¬metika;
- menentukan suku ke-n barisan aritmetika dan jumlah n suku deret aritmetika;
- merumuskan suku ke-n barisan geometri dan jumlah n suku deret geometri;
- menentukan suku ke-n barisan geometri dan jumlah n suku deret geometri;
- menjelaskan ciri deret geometri tak berhingga yang mempunyai jumlah;
- menghitung jumlah deret geometri tak berhingga.
Materi Pembelajaran
Barisan dan Deret
Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individu
Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Pertemuan Ke-1 (2 x 45')
Pendahuluan:
1. Apersepsi:
- Meminta siswa menjawab beberapa soal prasyarat.
Kegiatan Inti:
- Dengan tanya jawab dijelaskan ciri barisan aritmetika.
- Secara kelompok siswa membahas soal latihan dan mengumpulkan hasilnya.
- Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja dibahas.
- Guru memberi tugas rumah.
Pendahuluan:
1. Apersepsi:
- Membahas PR dari pertemuan sebelumnya.
- Mengingat kembali materi pertemuan sebelumnya.
Kegiatan Inti:
- Dengan tanya jawab dijelaskan ciri barisan geometri.
- Secara kelompok siswa membahas soal latihan dan mengumpulkan hasilnya.
- Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja dibahas.
- Guru memberi tugas rumah.
Pendahuluan:
1. Apersepsi:
- Membahas PR dari pertemuan sebelumnya.
- Mengingat kembali materi pertemuan sebelumnya
Kegiatan Inti:
- Dengan tanya jawab dibahas tentang bagaimana merumuskan suku ke-n barisan aritmetika dan jumlah n suku deret aritmetika.
- Secara kelompok siswa membahas soal latihan dan mengumpulkan hasilnya.
Penutup:
- Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja dibahas.
- Guru memberi tugas rumah.
Baca Selengkapnya Silahkan Ambil File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF
2.Dalam Format DOC
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.