SEKOLAH : SMAN 1 KUTOWINANGUN
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER : X(sepuluh)/II(GENAP)
MATERI POKOK : TRIGONOMETRI
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 menit
PERTEMUAN KE- : 19
Standar kompetensi
5.Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah.
Kompetensi dasar
5.1.Melaksanakan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan identifikasi trigonometri.
Indikator
-Menentukan nilai perbandingan trigonometri pada segitiga.
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran siswa diharapkan dapat :
- Menghitung perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku yang sudutnya tetap tetapi panjang sisinya berbeda.
- Mengidentifikasikan pengertian perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku.
- Menentukan nilai perbandingan trigonometri suatu sudut pada segitiga siku-siku.
- Ceramah
- Diskusi
- Tanya jawab
Defenisi Perbandingan Trigonometri
Misalkan A merupakan sudut lancip,(lebih kecil dari 90o) dari sebuah segitiga siku-siku.Sinus(disingkat sin),cosinus(disingkat cos),dan Tangen (disingkat tan) dari sudut A didefenisikan sebagai berikut: Selain itu dikenal pula kebalikan dari perbandingan segitiga tersebutyang didefenisikan sebagai berikut:
Misalkan A merupakan sudut lancip dari sebuah segitiga suku-siku. Kosecan (cosec), sekan (sec)dan kotangen (cotan)dari sudut A didefenisikan sebagai berikut:
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
No | Uraian kegiatan | Waktu |
1 | Pendahuluan - Apersepsi tentang teorema Phytagoras | 5 |
2 | Kegiatan Inti Pengembangan - Menjelaskan tentang cara menentukan nilai perbandingan trigonometri (sin, cos, tg, cot, sec, cesec) pada segitiga siku-siku. - Menjelaskan tentang cara Menentukan panjang dua sisi segitiga siku-siku jika panjang sisi dan sebuah sudut diketahui. Penerapan - Menugaskan siswa untuk menentukan perbandingan trigonometri (sin, cos, tg, cot, sec, cesec) pada segitiga siku-siku. - Menugaskan siswa untuk menentukan panjang dua sisi segitiga siku-siku jika panjang sisi dan sebuah sudut diketahui | 50 |
3 | Penutup - Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman - Siswa diberikan latihan | 7 3 |
Jenis tagihan
- Quis
- Tugas individu
- Ulangan harian
- Jawaban singkat
- Essay tes
1.Diketahui segitiga siku-siku ABC dengan siku-siku di C mempunyai panjang sisi
Dan Seterusnya ....???
Baca Selengkapnya Silahkan Ambil File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF
2.Dalam Format DOC
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.