Sabtu, 09 Juli 2011

RPP MATEMATIKA X BAB TRIGONOMETRI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH : SMAN 1 KUTOWINANGUN
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER : X(sepuluh)/II(GENAP)
MATERI POKOK : TRIGONOMETRI
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 menit
PERTEMUAN KE- : 19
Standar kompetensi
5.Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah.
Kompetensi dasar
5.1.Melaksanakan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan identifikasi trigonometri.
Indikator
-Menentukan nilai perbandingan trigonometri pada segitiga.
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran siswa diharapkan dapat :
  • Menghitung perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku yang sudutnya tetap tetapi panjang sisinya berbeda.
  • Mengidentifikasikan pengertian perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku.
  • Menentukan nilai perbandingan trigonometri suatu sudut pada segitiga siku-siku.
B. Metode Pembelajaran
  • Ceramah
  • Diskusi
  • Tanya jawab
C.Materi
Defenisi Perbandingan Trigonometri
Misalkan A merupakan sudut lancip,(lebih kecil dari 90o) dari sebuah segitiga siku-siku.Sinus(disingkat sin),cosinus(disingkat cos),dan Tangen (disingkat tan) dari sudut A didefenisikan sebagai berikut: Selain itu dikenal pula kebalikan dari perbandingan segitiga tersebutyang didefenisikan sebagai berikut:
Misalkan A merupakan sudut lancip dari sebuah segitiga suku-siku. Kosecan (cosec), sekan (sec)dan kotangen (cotan)dari sudut A didefenisikan sebagai berikut:
 D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
No
Uraian kegiatan
Waktu
1
Pendahuluan
- Apersepsi tentang teorema Phytagoras

5
2
Kegiatan Inti
Pengembangan
-     Menjelaskan tentang cara menentukan nilai perbandingan trigonometri (sin, cos, tg, cot, sec, cesec) pada segitiga siku-siku.
-     Menjelaskan tentang cara Menentukan panjang dua sisi segitiga siku-siku jika panjang sisi dan sebuah sudut diketahui.
Penerapan
-     Menugaskan siswa untuk menentukan perbandingan trigonometri (sin, cos, tg, cot, sec, cesec) pada segitiga siku-siku.
-     Menugaskan siswa untuk menentukan panjang dua sisi segitiga siku-siku jika panjang sisi dan sebuah sudut diketahui





50
3
Penutup
-     Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman
-     Siswa diberikan latihan

7
3
E. Penilaian
Jenis tagihan
  • Quis
  • Tugas individu
  • Ulangan harian
Bentuk tagihan
  • Jawaban singkat
  • Essay tes
Alat penilaian
1.Diketahui segitiga siku-siku ABC dengan siku-siku di C mempunyai panjang sisi
Dan Seterusnya ....???
Baca Selengkapnya Silahkan Ambil File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF
2.Dalam Format DOC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.